Kampong Cipare Pare

Kec. Sultan Daulat, Kota Subulussalam
Prov. Aceh

Loading

Kampong Cipare Pare

Perayaan

Hari Kartini

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Dari Aisyah Ummul Mukminin ra, beliau berkata: “Saya pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tentang tha’un (wabah penyakit). Lalu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, memberitahukan kepadaku bahwa wabah itu adalah siksa yang dikirim Allah kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya, dan Dia menjadikannya sebagai rahmat bagi orang-orang beriman. Siapa yang menghadapi wabah lalu dia bersabar dengan tinggal di dalam rumahnya seraya bersabar dan ikhlas, sedangkan dia mengetahui tidak akan menimpanya kecuali apa yang telah ditetapkan Allah kepadanya, maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mati syahid.” Sanad hadits ini shahih, berdasarkan syarat Imam Bukhari, diriwayatkan oleh Bukhari (3474), an-Nasa’i di dalam as-Sunan al-Kubra (7527) dan Ahmad (26139), lafadz hadits ini riwayat Ahmad. Ibnu Hajar berkata: hadis di atas mengisyaratkan bahwa apabila terjadi kondisi seperti di atas, maka siapa saja yang bersabar dan berdiam diri di rumahnya, mendapatkan pahala syahid walau ia tidak wafat (Fathul bari juz 10 hal 194). “Siapa yang Diam di Rumah saat Terjadi Wabah, Maka Dia Mendapat Pahala Seperti Orang yang Mati Syahid”

Berita Kampong

TAHAPAN PEMANFAATAN JARINGAN KOMPUTER UNTUK APLIKASI SISKEUDES DILINGKUNGAN PEMERINTAHAN DESA
 
PERSIAPAN
Yang dibutukan pada poin ini adalah :
 
Jaringan WIFI 
(Dalam hal ini saya meggunakan indihome)
Atu juga bisa menggunakan Kabel UTP / RJ45 tapi nanti harus ada tambahan alat seperti HUB dll
 
Laptop/PC Lebih dari 1 unit
(Lebih Dari Satu artinya ada untuk server dan ada untuk client)
 
Wireless 
Pastikan semua laptop/pc terkoneksi ke modem
 
PENGOPERASIAN 
Penambahan User ID untuk Bendahara dan PTPKDes
Pada tahap ini pastikan aplikasi siskeudes sudah bisa dibuka menggunakan koneksi ODBC ( Open Database Connectivity)
 
 
Login menggunakan user ID : admin dan Pasword : admins
 
 
Pilih Menu File —–> Pengaturan User ID —->
 
 
 
klik Tambah —->
 
 
Klik Sub Menu User ID —-> Ceklis —-> Isikan User ID (Misal BENDAHARA) dan Pasword Baru (2005) –> Nama Lengkap (Lingga Basori)—-> Plihian Kolom (Ex : Operator) —-> Ketrangan (User) —-> Simpan
 
 
 
Klik Sub menu User Desa —-> Tambah—-> Pilih Kecamatan—-> Pilih Desa—>Simpan
 
 
Sampai Tahap ini kita sudah mempunyai ID tambahan yaitu ID Bendahara, tambahan ID ini bertujuan untuk mempermudah (User) dalam hal ini Bendahara dalam menginput data melalui Siskeudes, tidak hanya sampai disini, kita harus membuat menu (otoritas menu) untuk Bendahara tsb, menu disini yaitu menu yang hanya pekerjaan bendahara saja contohnya Penerimaan Desa, Pencairan SPP, Penyetoran Pajak, Mutasi Kas dan Membuat laporan (BKU, Buku Bank, dll)
Cara menentukan otoritas menu kurang lebih seperti dibawah ini :
Pada Menu Aplikasi Siskeudes : Pilih File —->Pilih Pengaturan Menu—->
Pilih User Id—->Cari Nama BENDAHARA yang sudah kita buat tadi—->Centang Penatausahaan (Penerimaan, Pencairan SPP, Penyetoran Pajak, Mutasi Kas) —-> Pembukuan (Saldo Awal dan Penyesuaian) —-> Pelaporan (Laporan Penatausahaan dan Laporan Pembukuan) —->Otoritas Menu —->Keluar
 
 
Untuk Mengetesss mari Kita coba Login memakai User ID yang kita buat tadi Pada Menu Aplikasi Pilih File —->Logout—->Klik File lagi —-> Login —-> User ID: BENDAHARA—>Pasword : 2005—-> OK
 
 
 
Setelah Masuk Klik Data Entri —->Penatusahaan—->
 
 
Pada Gambar Di atas berarti pada saat pengaturan Otoritas Menu Kita Sudah Benar yang aktif untuk Bendahara hanya : Penatausahaan, Pencairan SPP, Penyetoran Pajak dan Mutasi Kas. Sedangkan di Pembukuan ada Saldo Awal dan Penyesuaian
 
 
Begitu pula User ID dan Pasword untuk PTPKDes bisa dibuat seperti di atas hanya saja nanti pada saat pengaturan Menu Otoritasnya di bedakan seperti gambar dibawah ini :
 
 
Kalo sudah dibuat User ID dan Pengaturan Menu Otoritasnya, kita coba masuk menggunakan User ID yang dibuat tadi (PTPKDes)
 
 
 
Nanti Hasilnya Seperti ini
 
 
 
SERVER (APLIKASI SISKEUDES DAN DATABASENYA)
 
LAPTOP/ PC SEKDES 
 
Membuat Jaringan Lokal 
Pada Poin Pertama kita sudah membuat User ID baru yaitu User ID untuk Bendahara dan User ID untuk PTPKDes, untuk selanjutnya kita akan membuat jaringan lokal (Antara Laptop/Komputer yang satu dengan yang lain bisa share/berbagi data) tipologi jaringan yang akan kita gunakan adalah : Jaringan Nirkabel (Wireless Network).
Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network. Kurang lebih sebagai berikut : 
 
Modem 
Untuk semua IP Laptop menggunakan IP Dinamik saja yang penting semuanya konek ke Modem tidak harus pakai Internet
Selanjutnya kita harus mengaktifkan Network sharing Center
Buka Control Panel Pada Laptop Network and Internet —-> Network and sharing Center —-> Change Advanced sharing Setting Pilih —-> All Network —-> Centang/Ceklis Turn on sharing Centang/Ceklis Enable File Sharing —-> Turn Off Pasword Protect Sharing —-> Save As Change
 
 
Apabila semua Laptop sudah di seting seperti diatas maka kita coba buka file Explorer àklik Network. Disana ada nama-nama Laptop yang sudah diseting seperti gambar dibawah, sebagai contoh gambar dibawah hanya ada satu nama laptop karna pada saat membuat modul ini tidak ada laptop selain yang digunakan.
 
 
Tentunya kita harus menentukan mana yang akan dibuat untuk menyimpan database aplikasi siskeudes (SERVER). Misalnya laptop Kaur Keuangan atau Sekdes, di folder aplikasi siskeudes tersebut kita harus menyeting agar foldernya dapat terbaca oleh laptop lain yang sudah di seting tadi : (LAPTOP SERVER/KEUANGAN)
File Explorer —-> Cari Folder Siskedues —-> Klik Kanan —-> Propertis —-> Klik Tombol menu sharing —-> klik share —-> pilih Everyone —-> add —->pilh Read/Write —-> Klik tombol bawah Share —-> Done
Kalo sudah nanti hasilnya seperti ini
 
 
Folder Siskeudes dan databasenya terbaca oleh jaringan
File Tersebut kita coba buka di Laptop yang lain, cari File Siskeudes Yang ada di server.
 
(LAPTOP LAIN / BENDAHARA) 
Klik File Explorer —-> Network —-> cari Laptop Server Misal namana : DESKTOP- 23CNGJV —->Klik 2 X File Siskeudes àKlik Kanan Icon Siskeudes —-> Send To —-> desktop…
 
 
Nanti icon siskeudes tersebut akan muncul di layar laptop Bendahara
 
 
Kalo Sudah Muncul Di Layar Laptop Bendahara tinggal Klik Kanan Run Administa as adminstrator klik yes kalo ada pesan…
 
Makan akan muncul …..
 
 
Kalo misalnya logo kabupaten yang ada di aplikasi belum logo kab. Lebak, maka koneksi data terlebih dahulu, cari database siskeudes yang digunakan yang ada di Folder siskeudes tadi.
 
 
 
SILAHKAN MASUK BERDASARKAN USER ID MASING-MASING :
KAUR KEUANGAN 
SEKDES 
PTPKDES 
BENDAHARA
Mohon Diperhatikan Poin per Poinnya.
Selamat Mencoba, Selamat Bekerja !
 
Sumber : Pendamping Desa

Komentar

Abdul Azis

21 Januari 2021 09:15:11

Sumbernya bukan dari Pendamping Desa mas, tapi dari blog saya https://pemerintahdesasukanegara.blogspot.com/

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Kampong

296

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI296penduduk

243

PEREMPUAN

PEREMPUAN243penduduk

539

TOTAL

TOTAL539penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Kampong untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Kampong

Kepala Kampong

AMIR IKHSANI

Sekdes

TUNGGUL SIJABAT

Kasi Pemerintahan

MUSLIH RAMIN

Kaur Umum dan Perencanaan

MULYOTO

Kepala Dusun Suka Maju

MAMBANG DIANTO

Kepala Dusun Persatuan

SYAH GANDA

Kepala Dusun Cendana

MASRAM RAMIN

Staf Kantor 1

ANDI SYAH PUTRA

Staf Kantor 2

KIKY FITRIYA

Operator Desa

AGUS RIADI

Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan

MASKUN ZARKONI

Kaur Keuangan

SUTOPO

Kepala Dusun Simpati Jaya

SUMARYANTO

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

0

Surat

Bulan Ini

0

Surat

Bulan Lalu

0

Surat

Tahun Ini

0

Surat

Tahun Lalu

21

Surat

Total

203

Surat

Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

PENYALURAN BLT-DD TAHAP II

Tgl : 17 Juni 2020 08:00:00
Tempat : GEDUNG POSBINDU KAMPONG CIPAR-PARI
Koordinator : KEPALA KAMPONG

Terdahulu

PENYALURAN BLT-DD TAHAP III

Tgl : 15 Juli 2020 08:00:00
Tempat : GEDUNG POSBINDU KAMPONG CIPAR-PARI
Koordinator : Kaur Kampong Cipar-pari

Terdahulu

PENYALURAN BLT-DD TAHAP IV dan V

Tgl : 01 September 2020 08:00:00
Tempat : Dusun
Koordinator : Kepala Dusun

Terdahulu

Penyaluran BPNT

Tgl : 08 November 2021 08:30:00
Tempat : Puskesmas Batu-batu
Koordinator : Dinas Sosial Kota Subulussalam

Terdahulu

Pemilihan Kepala Kampong

Tgl : 02 Oktober 2022 08:00:00
Tempat : MTsS Al Muhajirin Cipare pare
Koordinator : P2K Cipare pare
Statistik Pengunjung
Hari ini : 19
Kemarin : 166
Total Pengunjung : 525.340
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.234.244.181
Browser : Tidak ditemukan
Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

PENYALURAN BLT-DD TAHAP II

Tgl : 17 Juni 2020 08:00:00
Tempat : GEDUNG POSBINDU KAMPONG CIPAR-PARI
Koordinator : KEPALA KAMPONG

Terdahulu

PENYALURAN BLT-DD TAHAP III

Tgl : 15 Juli 2020 08:00:00
Tempat : GEDUNG POSBINDU KAMPONG CIPAR-PARI
Koordinator : Kaur Kampong Cipar-pari

Terdahulu

PENYALURAN BLT-DD TAHAP IV dan V

Tgl : 01 September 2020 08:00:00
Tempat : Dusun
Koordinator : Kepala Dusun

Terdahulu

Penyaluran BPNT

Tgl : 08 November 2021 08:30:00
Tempat : Puskesmas Batu-batu
Koordinator : Dinas Sosial Kota Subulussalam

Terdahulu

Pemilihan Kepala Kampong

Tgl : 02 Oktober 2022 08:00:00
Tempat : MTsS Al Muhajirin Cipare pare
Koordinator : P2K Cipare pare
Statistik Pengunjung
Hari ini : 19
Kemarin : 166
Total Pengunjung : 525.340
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.234.244.181
Browser : Tidak ditemukan

Transparansi Anggaran

APBK 2022 Pelaksanaan

Pendapatan Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 864.091.252,00Rp. 1.329.412.108,00

65%

Belanja Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 806.261.000,00Rp. 1.340.212.108,00

60.16%

Pembiayaan Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 10.800.000,00Rp. 10.800.000,00

100%

APBK 2022 Pendapatan

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 564.748.800,00Rp. 724.161.000,00

77.99%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 17.735.000,00

0%

Alokasi Dana Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 299.342.452,00Rp. 587.516.108,00

50.95%

APBK 2022 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 216.050.000,00Rp. 467.541.108,00

46.21%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 81.959.000,00Rp. 153.288.120,00

53.47%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 103.000.000,00Rp. 194.660.000,00

52.91%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 159.620.000,00Rp. 206.190.000,00

77.41%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Kampong

Realisasi | Anggaran

Rp. 245.632.000,00Rp. 318.532.880,00

77.11%
Pemerintah Kampong

AMIR IKHSANI

Kepala Kampong

TUNGGUL SIJABAT

Sekdes

MUSLIH RAMIN

Kasi Pemerintahan

MULYOTO

Kaur Umum dan Perencanaan

MAMBANG DIANTO

Kepala Dusun Suka Maju

SYAH GANDA

Kepala Dusun Persatuan

MASRAM RAMIN

Kepala Dusun Cendana

ANDI SYAH PUTRA

Staf Kantor 1

KIKY FITRIYA

Staf Kantor 2

AGUS RIADI

Operator Desa

MASKUN ZARKONI

Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan

SUTOPO

Kaur Keuangan

SUMARYANTO

Kepala Dusun Simpati Jaya